Monday 26 October 2015



Teh hijau merupakan salah satu menu minuman yang populer di kafe dan restoran di wilayah Asia meski orang-orang di bagian dunia lain juga mulai mengonsumsinya secara rutin baru-baru ini. Teh hijau juga memiliki khasiat/manfaat yang besat. Enam Manfaat Sehat Teh Hijau sudah terbukti nyata dapat membantu sekaligus menurunkan berbagai banyak hal. Alasan mengapa semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi sehari-hari karena teh hijau menawarkan banyak khasiat sehat. Teh hijau sangat digemari oleh banyak orang dan sangat terkenal Enam Manfaat Sehat Teh Hijau ini.
Teh hijau diproses berbeda dengan teh hitam. Pembuatan teh hitam melibatkan proses fermentasi, sedangkan teh hijau menghindari itu sehingga membuatnya kaya dengan antioksidan dan nutrisi yang memiliki efek sangat bagus untuk tubuh. Berikut ini Enam Manfaat Sehat Teh Hijau yang bisa Anda nikmati.


1. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan polyphenol dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini berarti tubuh dapat mengonversi makanan menjadi kalori dengan lebih cepat sehingga membantu penurunan berat badan. Konsumsi teh hijau secara rutin dengan kombinasi makanan sehat dapat membantu mengurangi berat badan dalam jumlah yang signifikan selama beberapa minggu.

2. Menurunkan risiko kanker
Penelitian dan studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki peluang lebih rendah terserang kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi teh hijau. Ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dalam teh hijau yang mampu melawan radikal bebas dan sel kanker dalam tubuh, yang membantu menghentikan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal atau kanker usus besar.
Sebuah studi tahun 90-an menunjukkan minum teh hijau bisa mengurangi 60% berkembangnya kanker kerongkongan. Teh hijau menutup molekul yang bereaksi terhadap tembakau yang menyebabkan kanker. Teh hijau mengandung senyawa yang menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Bagi Anda yang perokok disarankan minum teh hijau atau dalam keluarga ada yang memiliki riwayat kanker.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
Teh hijau menambah kapasitas antioksidan dalam darah, yang kemudian akan membantu memastikan partikel kolesterol lemak baik akan tersimpan. Ini berarti kadar Kolesterol jahat dalam tubuh akan diminimalkan, membuat tubuh lebih sehat dan segar. Kadar Kolesterol jahat yang lebih rendah akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.
Jika rasio kolesterol Anda tidak seimbang cobalah mulai minum minimal satu cangkir teh hijau setiap hari. Bukti menunjukkan teh hijau menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida secara keseluruhan. Minum setidaknya tiga cangkir per hari dapat membantu melindungi Anda dari aterosklerosis dan penyakit jantung.

4. Menurunkan resiko Penyakit Diabetes tipe II
Berbagai studi menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Teh hijau juga digunakan sebagai sarana mengontrol gula atau dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan Teh Hijau sangat baik untuk penderita penyakit diabetes tipe II dan bahkan sebagai langkah pencegah. Hal ini juga dapat membantu menghentikan penyakit karena mengatur kadar glukosa dalam tubuh.


5. Baik untuk kesehatan gigi
Konsumsi teh hijau juga dapat meningkatkan kesehatan gigi. Kandungan catechins dalam teh hijau mampu menghambat plak dan virus di mulut. Jadi, sangat baik mengonsumsi teh hijau untuk menghindari kerusakan gigi dan infeksi mulut. Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi bau mulut.

6. Menurunkan resiko penyakit alzhaimer’s dan parkinson’s
Hasil berbagai studi menunjukkan bahwa catechins dalam teh hijau memiliki efek perlindungan pada neuron sehingga membantu melindungi otak dalam jangka panjang. Peluang untuk terserang penyakit neurodegeneratif, seperti alzheimer’s dan parkinson’s pun dapat berkurang.
Teh juga mempunyai manfaat besar sebagai antioksidan. Teh hijau mengandung EGCG, antioksidan yang sangat kuat. Selain menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, EGCG juga meningkatkan kekebalan, menghentikan pembentukan gumpalan darah, membatasi radikal bebas, memperlambat proses penuaan, dan menunda timbulnya penyakit yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer. Bahkan meningkatkan energi secara keseluruhan dan menekan nafsu makan. Hingga mengurangi risiko terkena hipertensi dan obesitas.

Dalam membuat teh hijau dianjurkan untuk tidak menambahkan susu dalam teh hijau karena akan mengurangi efek antioksidan pada tubuh. Jika Anda kurang menyukai rasa asli teh hijau, Anda dapat menambahkan beberapa sendok madu alami. Selain itu, pilih produk teh hijau yang paling sedikit mengandung fluoride sehingga tubuh dapat merasakan hasil maksimal.

Enam Manfaat Sehat Teh Hijau memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam mengkonsumsi teh dianjurkan dapat mengontrol dengan baik. Namun ingat, meminum teh hijau tak bisa sembarangan, terlebih jika Anda memiliki pencernaan yang sensitif. Jangan minum lebih dari 2 cangkir teh hijau sehari. Meminum terlalu banyak teh hijau juga bisa mengakibatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi berkurang. Oleh karena itu, selalu jaga asupan teh hijau sehingga tak berlebihan dan dapat mengetahui Enam Manfaat Sehat Teh Hijau diatas.




0 comments:

Post a Comment