Friday 20 November 2015

Bawang putih mungkin akan membuat bau mulut seseorang menjadi kurang sedap. Namun, dalam hal bau badan, tampaknya bawang putih memberikan manfaat pada kaum Adam.

Ya, bau badan pria yang mengonsumsi bawang putih, ternyata jauh lebih disukai wanita. Itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Appetite itu, peneliti menemukan korelasi positif antara seberapa banyak bawang putih yang dikonsumsi pria dan sejauh mana bau badannya dianggap menarik oleh lawan jenis.

Dalam eksperimen tersebut, sebanyak 32 peserta pria diberi berbagai jenis kapsul, atau tablet bawang putih pada tiga fase yang terpisah. Bau badan mereka dikumpulkan menggunakan alat khusus yang mampu menyerap keringat. Alat itu harus mereka pakai selama 12 jam setelah mengonsumsi bawang putih.

Alat tadi lantas diberikan ke 82 wanita untuk dihirup. Para wanita itu, kemudian diminta menilai ketertarikan, intensitas, dan rasa senang yang mereka rasakan saat menghirup bau badan para pria dari alat tadi.

Fase pertama melibatkan enam gram, atau dua siung bawang putih yang dikonsumsi peserta pria dengan roti dan keju. Fase kedua melibatkan 12 gram, atau empat siung bawang putih, dan fase ketiga sebanyak 12 gram bawang putih dalam bentuk kapsul.

Hasilnya, pria yang mengonsumsi bawang putih lebih banyak, baik itu bawang putih dalam bentuk asli maupun kapsul, dianggap memiliki bau badan yang disukai wanita. Para wanita juga lebih tertarik dengan bau badan pria yang mengonsumsi lebih banyak bawang putih.

Eksperimen ini menyimpulkan bahwa bawang putih dan bau badan sangat cocok untuk pria dalam hal menarik perhatian lawan jenis. 

"Karena konsumsi bawang putih bermanfaat bagi kesehatan, termasuk memberikan antioksidan, imunostimulan, baktericidal kardiovaskular, dan efek anti kanker. Maka, mungkin saja pilihan bau badan sudah terbentuk oleh seleksi seksual," ujar penulis studi sekaligus profesor psikologi di University of Stirling di Inggris, Craig Roberts.

0 comments:

Post a Comment